- Panel DL 2203D
- Panel DL 2203C
- Panel DL 2203S
- Jumper
3. Rangkaian Simulasi[Kembali]
Pada D flip flop, saat input pada S = 0 dan R = 1, maka output pada Q akan di set menjadi 1. dan nilai ini tidak berubah walaupun nilai D dan Clock di ubah ubah. sebaliknya saat S = 1 dan R = 0, maka output pada Q akan di reset menjadi 0. Nilai D baru akan mempengaruhi output jika S = 1 dan R = 1, serta terjadi trigger saat perpindahan clock dari LOW ke HIGH. Saat S = 0 dan R = 0, maka output berada dalam kondisi terlarang.
Pada JK flip flop, saat input pada S = 0 dan R = 1, maka output pada Q akan di set menjadi 1 dan nilai ini tidak berubah walaupun nilai J, K dan Clock di ubah ubah. sebaliknya saat S = 1, dan R = 0, maka output pada Q akan di reset menjadi 0. Nilai J dan K baru akan mempengaruhi output jika S = 1 & R = 1 serta terjadi trigger saat perpindahan clock dari LOW ke HIGH. Saat S = 0 dan R = 0, maka output berada dalam kondisi terlarang. Saat J = 1 dan K = 1 flip flop berada dalam kondisi toggle (keadaan berlawanan), sehingga setiap terjadi trigger output yang baru merupakan invers dari output yang lama.
Analisa Input dan output pada masing masing kondisi, buatkan prosesnya menggunakan rangkaian dalam masing" flip flop
Jawab:
> B0 = 0, B1 = 1, B2 = B3 = B4 = B5 = B6 = x
Pada kondisi ini pin reset dari kedua flipflop diaktifkan (B0 = 0) dan pin set dari kedua flipflop dinonaktifkan (B1 = 1). Sehingga tidak peduli berapapun nilai input pada pin lainnya (B2-B6 = don't care) kedua flipflop outputnya akan tetap direset menjadi Q = 0.
File HTML [klik]
Rangkaian Simulasi Proteus [klik]
File Video Percobaan [klik]
Download datasheet 74LS112 [klik]
Download datasheet 7474 [klik]
Download datasheet Switch [klik]
Download datasheet Logicprobe [klik]
0 Komentar